Jumat, 29 Maret 2013

6 Hal Yang Harus Anda Tahu Saat Naik Pesawat

article-image

Menjadi salah satu akomodasi paling sering digunakan untuk traveling, naik pesawat adalah hal umum bagi wisatawan. Namun ternyata, ada 6 hal yang harus Anda tahu saat naik pesawat.

Sebuah situs sosial bernama Reddit mengumpulkan pertanyaan dan jawaban mengenai serba-serbi pesawat. Mulai dari mengapa lampu kabin diredupkan saat akan terbang dan mendarat, hingga apa yang harus dilakukan jika ada orang yang tiba-tiba ingin membuka pintu darurat saat di udara.

Dari CNN Travel, Rabu (27/3/2013) inilah 6 hal yang harus Anda tahun sebelum traveling dengan pesawat:

1. Toilet pesawat bisa dibuka dari luar

Kunci toilet pesawat bisa dibuka dari luar, dan ini berlaku bagi semua toilet di setiap jenis pesawat. Setiap pilot dan awak kabin mengetahui bagaimana cara membuka pintu toilet tersebut. Bahkan, bisa jadi beberapa penumpang pun mengetahui bagaimana cara membukanya.

2. Mengapa lampu kabin diredupkan

Lampu dalam kabin akan diredupkan saat akan terbang dan mendarat di penerbangan malam. Ternyata peredupan lampu ini bisa membantu mata Anda menyesuaikan dengan cahaya yang minim. Ini akan sangat membantu jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan pesawat. Dengan mata yang sudah bisa menyesuaikan di kegelapan, proses penyelamatan diri bisa lebih mudah.

3. Jangan gunakan selimut di pesawat jika tidak di bungkus

Menurut para ahli, jangan gunakan selimut dan bantal yang diberikan jika tidak dibungkus plastik. Karena kemungkinan besar selimut dan bantal yang diberikan tanpa plastik biasanya sudah digunakan oleh orang lain. Anda boleh saja menggunakannya jika tak peduli dengan kemungkinan benda tersebut sudah digunakan orang sebelum Anda.

4. Tak perlu takut jika ada yang mengancam akan membuka pintu darurat

Saat duduk di dekat pintu darurat, ada saja rasa takut akan hadirnya orang jahat dan stres yang ingin membuka pintu darurat. Tak perlu kuatir akan hal itu. Karena kalaupun ada orang yang mengancam akan membuka pintu darurat, ia takkan bisa membukanya dengan seorang diri. Tekanan udara dan ketinggian tidak memungkinkan untuk membuka pintu darurat seorang diri.

5. Ternyata, bisa lho mengintip kokpit!

Menurut pengakuan seorang pilot di Reddit, berkunjung ke kokpit boleh-boleh saja. Menurutnya, menunjukkan isi kokpit merupakan bagian terbaik dari pekerjaannya, apalagi jika ada penumpang yang penuh rasa penasaran. Sebenarnya bisa saja Anda mendatangi kokpit sesaat sebelum berangkat, untuk melihat betapa sibuknya para pilot. Namun saat paling baik mengintip seperti apa ruang kerja para pilot adalah saat sudah mendarat karena keadaan sudah santai.

6. Para awak kabin tidak akan memberi tahu keadaan darurat

Menurut awak kabin di Reddit, mereka tidak akan memberi tahu para penumpangnya saat pesawat benar-benar dalam keadaan darurat. Karena, mereka tidak ingin menghadapi keributan saat keadaan benar-benar genting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar