Selasa, 29 Maret 2011

Kisah Detektif Genius Mantan Juara Dunia Catur yang Eksentrik






""Endgame" relatif aman ditonton anak kecil, berbeda dengan serial kejahatan lainnya seperti "Monk" dan "Psych". Paling tidak di episode pembuka, tidak diperlihatkan adegan kekerasan, pertumpahan darah, atau adegan dewasa"
Kisah detektif eksentrik sudah beberapa kali diangkat dalam serial TV populer. Contohnya "Monk", yang menceritakan kisah Adrian Monk — penderita obsessive-compulsive disorder namun punya perhatian detail yang membantunya memecahkan kasus kejahatan.

Lalu ada juga "Psych", dengan tokoh utama Shawn Spencer yang sejak kecil terlatih untuk memperhatikan detail kecil, tapi sengaja membuat orang lain mengira dirinya punya kemampuan indera keenam.

Yang terbaru adalah "Endgame", sebuah serial TV yang tayang sejak 14 Maret 2011 di jaringan televisi Kanada Showcase. Serial ini bercerita tentang seorang jenius mantan juara dunia catur dari Rusia, Arkady Balagan (Shawn Doyle). Ia bekerja memecahkan kasus kejahatan dari kamar hotel supaya tidak terusir keluar dari hotel di Vancouver itu.

Mirip Adrian Monk yang mengalami jatuh mental saat istrinya tewas akibat bom mobil, Arkady Balagan juga depresi berat setelah tunangannya tewas ditembak di luar hotel tempatnya menginap di Vancouver. Dia menderita agoraphobia, takut berada di kerumunan orang di tempat umum yang tertutup, sehingga dia tidak bisa keluar melalui pintu lobi hotel tanpa mengalami ketakutan yang amat sangat.



Arkady tidak berani keluar dari hotel. Dia berusaha mendapatkan pemasukan dengan bertanding massal melawan orang-orang yang bersedia membayar untuk bertanding dengannya. Namun ini masih sangat kurang untuk membayar biaya hotel.

Di episode pembuka ini, terjadi kasus penculikan seorang anak kecil yang memiliki banyak ayah akibat gaya hidup ibunya yang bebas berhubungan dengan banyak laki-laki.

Salah satu ayah dari anak yang diculik ini merupakan kenalan Arkady dan Danni (Katharine Isabelle), bartender hotel tersebut. Sambil lalu, Arkady berkata pada Danni bahwa karena tidak ada bukti kekerasan maka penculiknya pastilah seseorang yang dikenal oleh anak tersebut.

Ternyata polisi menyatakan hal yang sama, dan malah menuduh salah satu ayah dari anak itu sebagai penculiknya. Danni pun memohon Arkady untuk memecahkan kasus penculikan ini.

Arkady menerima permintaan Danni, yang menjanjikannya uang untuk membayar utang sewa kamar hotel (manajemen hotel sudah mengancam mengusirnya dalam waktu 48 jam jika dia tidak kunjung membayar). Tidak mampu keluar dari hotel, Arkady pun memanfaatkan bantuan orang-orang di sekitarnya.

Misalnya Hugo (Patrick Gallagher, bermain juga di "Glee"), yang bekerja sebagai petugas keamanan hotel. Arkady memintanya untuk berhubungan dengan kepolisian untuk mencari informasi tertentu. Lalu Sam Besht, (Torrance Coombs), seorang mahasiswa yang dijanjikan imbalan bertanding catur dengan Arkady.

Arkady bahkan meminta bantuan petugas kebersihan hotel, seorang imigran dari Amerika Selatan yang bernama Alcina (Carmen Aguirre), karena perspektifnya sebagai seorang ibu dengan enam anak bisa berguna. Yang terakhir, dia meminta Pippa (Melanie Papalia), adik tunangannya yang tewas, untuk mencari data rahasia milik kepolisian.

Arkady sendiri tidak punya pengalaman menjadi detektif, namun kemampuan imajinasi dan berpikir strategis yang biasa dilakukannya saat bermain catur sangat membantu dirinya memecahkan kasus.

Dia kerap berimajinasi berada di tempat kejadian perkara dan tempat lainnya, dan bahkan melihat orang lain sebagai buah catur di atas papan. Kalau memang perlu menghubungi orang lain di luar hotel, dia akan meminta bantuan Sam dan atau Alcina untuk berbicara melalui telepon.

"Endgame" relatif aman ditonton anak kecil, berbeda dengan serial kejahatan lainnya seperti "Monk" dan "Psych". Paling tidak di episode pembuka, tidak diperlihatkan adegan kekerasan, pertumpahan darah, atau adegan dewasa. Kisah mantan juara dunia catur yang terpaksa jadi detektif, agar tak terusir keluar kamar hotel, menurut saya cukup unik dan menarik untuk ditonton.

Diposting Oleh Eko Juniarto, Selasa, 29 Maret 2011 14.18 WIB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar