Senin, 30 Mei 2011

Perempuan Perkasa di Kapal Perang AS (1)

Comanding Officer Andree E Bergman (Foto: Fajar Nugraha/Okezone.com)
Comanding Officer Andree E Bergman (Foto: Fajar Nugraha/Okezone.com)

JAKARTA - Kehadiran perempuan pada dinas kemiliteran sepertinya sudah biasa. Tetapi memimpin dan memberikan komando pada seluruh kru di kapal perang, seperti kapal perang Amerika Serikat (AS) USS Howard adalah sesuatu yang menakjubkan.


Dia adalah Comanding Officer (Letnan Kolonel) Andree E Bergman yang memimpin seluruh kru kapal USS Howard. Perawakannya yang bersahaja jelas terlihat selama memimpin kapal.
Tetapi yang membuat takjub adalah kapal USS Howard yang diluncurkan tahun 2001 tersebut masih tampak kuat dan seperti kapal baru. Tidak hanya itu, kru kapal pun sepertinya bekerja santai namun mereka bekerja efektif. 
Tidak tampak pula senioritas dari para pelaut AS ini. Mereka saling menghormati satu sama lain.

"Tidak ada kesulitan untuk mengatur untuk kru kapal ini. Menjadi kapten kapal perempuan pada dasarnya sama, mendapatkan pelatihan yang sama dan bentuk pelatihan yang serupa dengan pelaut pria," ungkap Letkol Bergman diatas kapal USS Howard, Minggu (29/5/2011).

Lebih lanjut Bergman menambahkan, tiap kru mengerti tanggung jawabnya, dirinya banyak berbicara dengan kru mengenai tujuan dari latihan  Cooperatioan Afloat Readiness and Training (CARAT) 2011 ini. 

"Tidak peduli apakah Anda seorang kapten kapal perempuan atau pria. Jadi saya memastikan berkomunikasi dengan kru, dan membantu mereka membentuk rencana agar dapat berhasil," lanjutnya.

Ketika ditanya apakah dirinya memiliki standar sendiri mengenai perilaku, di yang berpangkat Letkol mengatakan bahwa di setiap kesatuan Angkatan Laut AS memiliki standar tersendiri mengenai perilaku pelautnya.

"Saya mengharapkan kru dapat mengikuti seluruh perintah saya dan mereka melakukan itu," tutur kapten kapal yang gemar minum kopi Sumatera ini. 
(faj)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar