Rabu, 27 April 2011

Messi Taklukkan 10 Pemain Madrid


AFP
Penyerang Barcelona, Lionel Messi, merayakan gol pertamanya (dari dua) ke gawang Real Madrid, pada leg pertama semifinal Liga Champions, di Santiago Bernabeu, Rabu (27/4/2011).


MADRID, KOMPAS.com - Penyerang Lionel Messi mencetak dua gol yang menentukan kemenangan Barcelona 2-0 atas Real Madrid, yang sejak menit ke-60 bermain dengan sepuluh pemain, pada duel leg pertama semifinal Liga Champions, di Santiago Bernabeu, Rabu (27/4/2011).

Gol Messi terjadi pada menit ke-76. Dari tengah kotak 16, ia menembakkan umpan Ibrahim Afellay masuk gawang melewati antara kaki Iker Casillas.

Pada menit ke-86, Messi menggandakan keunggulan timnya. Menguasai bola kiriman Sergio Busquets di luar kotak penalti, ia menggiring bola masuk melewati setidaknya tiga pemain, sebelum akhirnya melepaskan tembakan mendatar yang membuat bola bersarang di sudut kanan bawah gawang Iker Casillas.

Adapun Pepe menerima kartu kuning kedua pada menit ke-60 setelah melanggar Dani Alves. Pelatih Jose Mourinho juga diminta wasit pindah tempat duduk ke kursi khusus yang dipagari besi, setelah mengatakan sesuatu kepada ofisial pertandingan, berkaitan dengan kartu kuning kedua Pepe.

Peristiwa-peristiwa itu meramaikan pertandingan, yang berlangsung alot, terutama pada babak pertama. Sementara Barcelona mendominasi penguasaan bola, Madrid cenderung defensif.

Akibatnya, kedua kubu sama-sama lebih sering melihat serangannya kandas di tengah jalan. Meski begitu, ada sejumlah peluang yang berpotensi membuahkan gol.

Pada menit keempat dan kesebelas, misalnya, gelandang Xavi dan penyerang David Villa  melepaskan dua tembakan akurat dari luar kotak penalti. Sementara eksekusi Xavi dimentahkan Iker Casillas, tembakan Villa melenceng ke sisi kanan gawang.

Menjelang akhir babak pertama, Madrid mendapatkan dua peluang emas, dari Cristiano Ronaldo dan Mesut Oezil.

Dari luar kotak penalti, Ronaldo menembakkan bola ke tengah gawang, yang ditepis Victor Valdes. Mesut Oezil berhasil masuk kotak penalti dan menembakkan bola muntah.

Eksekusi Oezil akurat, tetapi Valdes masih mampu mematahkannya.

Pertandingan juga diwarnai banyak pelanggaran dan jatuhnya sejumlah pemain, yang tampaknya hanya reaksi yang berlebihan dan tidak perlu.

Pada menit ke-37, misalnya, Pedro terjatuh sambil memegangi muka setelah berkotak fisik dengan Alvaro Arbeloa pada menit ke-37. Padahal, tak ada kontak fisik ke mukanya.

Pada menit ke-43, ada konflik antar pemain lain. Gelandang Sergio Busquets kemudian tampak tiba-tiba jatuh sambil memegangi muka, untuk sebab yang tidak jelas

Selama pertandingan, Madrid menguasai bola sebanyak 28 persen dan meepaskan tembakan akurat dari sembilan usaha. Adapun Barcelona menciptakan sebelas peluang emas dari lima usaha.

Susunan pemain:
Madrid:
Iker Casillas; Raul Albiol, Sergio Ramos, Marcelo, Alvaro Arbeloa; Pepe, Lassana Diarra, Xabi Alonso; Angel Di Maria, Crstiano Ronaldo, Mesut Oezil (Emmanuel Adebayor 46)

Barcelona: Victor Valdes; Sergio Busquets, Gerard Pique, Carles Puyol, Dani Alves; Javier Mascherano, Seydou Keita, Xavi; David Villa (Sergi Roberto 90), Lionel Messi, Pedro (Ibrahim Afellay 71)

Wasit: Wolfgang Stark













Tidak ada komentar:

Posting Komentar